BM3 Diharapkan Mampu Miliki Manfaat Ganda

Editor: Minangpos.com author photo
H Zonny Waldi

Minangpos – Medan :  “Kita berharap BM-3 Sumut yang pengurusnya baru saja dikukuhkan Gubernur Sumut (Gubsu), H. Edy Rahmaydi, Sabtu malam Minggu (5/10) di Gedung MICC, Jalan Gagak Hitam dapat bermanfaat ganda,” kata H Zonny Waldi.

Selain bermanfaat bagi masyrakat Minang Sumut, juga bermanfaat bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemrovsu) dalam turut mendukung segala gerak langkah Pemrovsu mewujudkan Sumatera Utara yang “Maju dan Bermartabat, kata tokoh Masyarakat Minang Sumut yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, H. Zonni Waldi di ruang kerjanya, Rabu (16/10).

Dikatakannya, ia hadir dalam acara pengukuhan/pelantikan pengurus BM-3 Sumut di Gedung MICC malam minggu lalu (5/10), menyaksikan langsung, Gubsu H. Edy Rahmayadi melantik pengurus BM-3 Sumut atas nama Ketua Dewan Pembina BM-3 Sumut.

“Sebagai orang Minang, hati saya sangat senang dan saya sangat bergembira menyaksikan pelantikan pengurus organisasi Payung Panji BM-3 Sumut ini, yang begitu meriah dengan menghadirkan dan menampilkan sutu group kesenian Ortkestra Musik Gamat dan Melayu binaan Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Kota Padang Panjang Sumbar. Saya juga melihat lansung kehadiran Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen H. MH Fadhilah bersama isteri dan saya lihat kehadiran pihak Poldasu yang diwakli Dir. Binmas Poldasu yakni Kombes Yusuf Endrawandri Naibaho,” ujarnya.

H Zonny Waldi
Hal ini kata Zonni, suatu isyarat organisasi Payung Panji BM-3 Sumut ini diakui dan mendapatkan dukungan penuh kehadirannya di wilayah pemerintahan Provinsi Sumatera Utara. Dan kita samasama dengar arahan dam bimbingan Gubsu yang menyampaikan kata sambutannya dengan singkat tapi padat yang mendukung eksistensi BM3 di Sumut dan berharap program kepengusan BM-3 kedepan harus selaras dan sejalan dengan program pemerintah provinsi Sumatera Utara dalam mewujudkan Sumut yang maju dan bermartabat, zelas Zonni Waldi serius.

Menurut Zonni, Sinyal kerja sama yang baik dengan Pemprovsu hendaknya dapat dibaca dan ditanggapi dengan baik oleh pengurus BM3 Sumut yang baru dilantik, dengan melahirkan program kerja yang singkron dengan program kerja Pemrovsu.

Oleh sebab itu, kata Zonni Waldi, setiap personil pengurus harus punya visi dan misi yang sama dalam mengayuhkan bahtera BM-3 Sumut. Menuju pulau keberhasilan yang diinginkan Pemrovsu, yakni Sumut yang maju dan bermartabat dan yang dicita-citakan masyarakat Minang Sumut, yakni masyarakat Minang yang maju, sehat dan sejahtera.

Dikatakannya, Pengurus BM3 Sumut yang baru dilantik itu harus punya kualitas dan loyalitas yang tinggi dalam rangka memajukan BM3, yakni memajukan budaya Minang dan memajukan ekonomi masyarakatnya kedepan, organisasi BM3 ini harus dapat sejajar dengan orgainsasi etnis lainnya di Sumut, yakni “dapat duduk sama rendah dan tegak sama tinggi, “ tegas Zonni.

Disamping itu katanya, Filosofi adat Minang yang tergambar dan terpatri dalam pepetah minang “Dima Bumi dipijak, disitu langit di jujung”.  Hedaknya hal ini benar-benar dilaksanakan dalam kehidupan kita di perantauan. Ketaatan kita dalam mendukung segala program Pempropvsu, terutama program Sumut maju dan bermartabat itu harus menjadi kenyataan di dalam masyarakat BM3 Sumut, imbuh Zonni Waldi.

Ketika diminta komentarnya tentang gerakan pengumpulan dana bantuan untuk korban kerusuhan di Wamena, yang disponsori BM-3 Sumut, atas dorongan dan dukungan Gubsu H. Rahmayadi, H. Zonni megatakan, kita harus dan sangat wajar memberikan apresiasi yag tinggi terhadap kegiatan BM3 Sumut menghimpun dana dari para donatur Minang dan yang simpati kepada Minang.

H Zonny Waldi
Sehingga terkumpul uang kontan sebesar Rp183 juta dan telah diserahkan kepada Pemprov Sumbar melalui Wagub Sumbar Drs. H. Nasrul Abit usai acara pelantikan BM3 Sumut . Hal ini, kata Zonni Waldi suatu kegiatan yang positif dan moralis, yang lahir dari pengamalan pepatah adat Minang “Sa sakik sasanang, sahino samulia, Barek sapikue, ringan sajinjiang, Kabukik samo mandaki, kalurah samo manurun, Kaba baik baimbauan, Kaba buruak bahambauan”.

Hal ini kata Zonni Waldi, perlu ditanamkan dalam hati sanubari urang Minang. Sehingga dengan itu mudah lahir kepedulian terhadap sesama urang Minang, khususnya dan sesama insan manusia /hamba Allah pada umumnya, tegas Zonni Waldi.

Iapun berpendapat gerakan BM3 Sumut mengumpulkan dana bantuan ini perlu berlanjut terus sampai keadaan pulih dan suasana telah mulai kondusif di Wamena. Kita sebagai urang Minang harus mendukung kegiatan donasi yang telah disponsori BM3 Sumut ini, sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang ada pada kita, himbau Zonni Waldi dengan mimik muka serius.

Diakhir penjelasannya, ia menyampaikan ucapan selamat dilantik kepada seluruh pengurus BM-3 Sumut periode 2018-2023, semoga masing-masing pengurus ini diberikan kesehatan yang cukup oleh Allah SWT dan akhirnya dapat menjalankan tugas organisasi payungpanji kita ini dengan baik, penuh semangat dan penuh kebersamaan, harap Zonni Waldi seraya mengakhiri penjelasannya. (Ali Nur Umar/*SChanS)

Share:
Komentar

Berita Terkini