Hujan Turun di Padang, Kabut Asap Berkurang

Editor: Minangpos.com author photo
MINANGPOS - PADANG :  Hujan ringan melanda sebagian besar wilayah Kota Padang, Sumbar Selasa, (24/9/2019).
Turunnya hujan tersebut disambut rasa syukur dan suka cita warga karena bisa mengurangi kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
Berdasarkan pantauan di lapangan, hujan yang mengguyur Ibu Kota Provinsi Sumbar tersebut merata ke sejumlah wilayah di daerah itu.
Bahkan durasi hujan yang turun dengan intensitas ringan itu terjadi pukul 19.30 Wib. Dengan turunnya hujan tersebut, kondisi jalanan yang berdebu lumayan menghilang, namun mengeluarkan aroma menyengat akibat lahan terbakar.
Air yang mengalir di atap rumah juga berwarna kuning, diduga lantaran hinggapan debu dari Karhutla yang terjadi di wilayah setempat.
"Alhamdulillah, hujan turun cukup lebat sehingga bisa membasahi sejumlah wilayah di daerah kita yang sedang dilanda kekeringan," kata Fortito, warga Jalan Sawahan Padang.
Dia berharap dengan turunnya hujan di sejumlah wilayah kota, kebakaran lahan dan hutan serta debu-debu jalanan hilang, karena hampir sebulan lebih daerah tersebut tidak pernah turun hujan.
"Sebagai masyarakat sangat berharap hujan seperti ini bisa turun beberapa kali, sehingga kabut asap pekat di daerah itu bisa selesai," ucapnya.
Fortito mengaku sangat bersyukur dengan turunnya hujan di wilayahnya. Sebab aktivitas warga selama ini sangat terganggu akibat kabut asap.
Kabut asap yang melanda Padang dan sekitarnya bersumber dari kebakaran hutan dan lahan di Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Asap ini menyebabkan kualitas udara buruk.
"Alhamdulillah, hujan turun. Asapnya sedikit hilang," ucap Jasrizal (49), salah satu warga Sawahan.
Hingga berita ini diturunkan hujan intensitas ringan masih turun di Kota Padang. (MNKN/*SChanS)
Share:
Komentar

Berita Terkini